Tulisan pertama di kategori Bahasa

Halo. 안녕하세요

Sebenernya agak kontroversi dengan adanya kategori bahasa di blog saya ini. Berhubung saya sedang belajar bahasa korea dan katanya juga kalo kita ngajarin ke orang lain maka ilmu kita juga akan bertambah, maka dari itu saya realisasikan juga kategori bahasa ini walaupun saya bukan ahli bahasa. Semoga tidak menghasilkan tulisan yang menyebabkan salah kaprah 😀

Sebelumnya jika kalian ingin belajar langsung dari ahlinya, saya rekomendasikan untuk mengujungi situs berikut Talk to me in korean

Tulisan pertama ini saya akan membahas tentang sapaan. Jadi ternyata menyapa dalam bahasa korea cukup sederhana, cukup menggunakan satu kata untuk beberapa situasi.

안녕 + 하세요 (an-nyeong + ha-se-yo) = 안녕하세요 (an-nyeong-ha-se-yo)

Sapaan tersebut bisa digunakan untuk sapaan saat bertemu, berpisah, selamat pagi, siang, malam. Sapaan ini sifatnya formal, digunakan untuk menyapa orang yang lebih tua. Untuk menyapa teman yang sudah akrab kalian bisa menggunakan 안녕 saja. Simple kan? 😀

Kata kedua adalah ucapan terima kasih.

감사 + 합니다 (gam-sa + ham-ni-da) = 감사합니다 (gam-sa-ham-ni-da)

Pengucapan huruf G pada (gam-sa-ham-ni-da) lebih mirip ketika kita mengucapkan huruf K sehingga mungkin ketika kalian mendengar langsung sepintas akan terdengar seperti (kam-sa-ham-ni-da). Kata ini juga bersifat formal dan digunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang lebih tua. Untuk penggunakan kepada teman sebaya bisa menggunakan kata lain yaitu:

고마워 (go-ma-wo) = terima kasih

Pasti kalian masih bingung bagaimana cara membaca tulisah korea tersebut. Tulisan korea disebut 한글 (hangul(pengucapan bahasa inggris)/hanggel (pengucapan bahasa indonesia)). Untuk belajar pengucapan hangul kalian bisa belajar dari link berikut Learn Korea with Professor Oh

Sekian, semoga bermanfaat. 😀

Leave a comment