Replika Borobudur (ga mirip)

Halo semua, kali ini saya hadir dengan membawa cerita tentang pengalaman saya dalam mengerjakan tugas kuliah dengan menggunakan 3Dmax. Ada yang sudah tahu tentang 3Dmax? Saya sendiri kurang begitu paham dengan software ini, tapi karena tuntutan mata kuliah yang saya ambil sewaktu bachelor’s degree dulu, saya terpaksa berhadapan dengan 3Dmax.

Tugas yang saya kerjakan berkaitan dengan bangunan bersejarah candi borobudur. Sebetulnya mata kuliah yang saya ambil tidak ada hubungannya dengan design. Saya sendiri sudah lupa nama mata kuliahnya, yang jelas berhubungan dengan perangkat lunak. Selain mengerjakan project dengan menggunakan 3Dmax, tim saya juga mengerjakan suatu project ekstraksi web dengan menggunakan teknik Mash Up Extraction. Informasi yang kita ekstak saat itu adalah informasi tentang borobudur. Namun sayang sekali hasil project tersebut tidak bisa saya tampilkan disini karena sudah hilang. Satu-satunya peninggalan yang tersisa dari mata kuliah tersebut adalah replika Borobudur.

Karena keterbatasan kemampuan yang kami miliki, untuk mensimulasikan hasil dari replika borobudur tersebut kami menggunakan teknik time-laps yaitu dengan menggabungkan gambar yang sudah kami capture sehingga menjadi bentuk video gambar bergerak. (Seharusnya ada fitur yang bisa langsung me-render menjadi bentuk video).

Sekian.

2 thoughts on “Replika Borobudur (ga mirip)

Leave a comment